Rabu, 28 Maret 2018

Cara Mudah Menyetel Karburator Motor Agar Irit + Gambar

Cara setting karburator – Pada motor-motor yang diproduksi dibawah tahun 2010 banyak yang masih menerapkan sistem karburator. Karburator sendiri adalah alat yang digunakan sebagai pengabut atau mencampurkan bensin kedalam udara yang menuju kemesin.

Karburator, bekerja secara mekanis dengan sistem vakum. Namun, karburator yang bekerja secara konvensional ini perlu dilakukan penyetelan untuk menjaga idle RPM tetap stabil dan ideal. Ideal dalam hal ini adalah seimbang antara power yang dihasilkan dengan konsumsi bahan bakar.

Ciri-ciri karburator yang perlu dilakukan setting ulang antara lain ;
  • Tenaga mesin berkurang, ini karena suplai angin didalam karburator terganggu akibat adanya kotoran yang menggumpal. Dengan melakukan penyetelan kita juga bisa memakasa kotoran tersebut untuk keluar.
  • Mesin susah dihidupkan, saat mesin susah dihidupkan jangan langsung memvonis busi terusan. Karena selain  busi karburator juga berpengaruh terhadap proses starting mesin.
  • Busi motor basah, ini merupakan tanda kalau busi mati. Tetappi, busi yang mati ini bisa juga disebabkan karena pengaruh dari campuran bensin yang tidak ideal. Sehingga biasakan melakukan setting karbu seusai mengganti busi.
  • Mesin brebet di RPM rendah, mesin yang brebet adalah gejala umum yang muncul karena setelang angin tidak tepat pada karburator (bisa lebih banyak ataupun sedikit)


Kalau gejala-gejala diatas sudah anda rasakan pada sepeda motor anda, maka segera lakukan penyetelan ulang karburator. Sebelum melakukan penyetelan karburator, anda perlu mengetahui dulu dua sekrup penyetel pada karburator.
Ada dua buah sekrup karburator, yakni sekrup penyetel udara dan sekrup penyetel gas. Penyetel gas terletak lurus dengan venturi atau kawat gas, sementara pentetel angin bisa terletak didepan atau dibelakang sekrup penyetel gas.

Cara kerja sekrup pengatur gas adalah dengan mendorong venturi yang permukaannya miring. sehingga kalau sekrup ini dikencangkan (diputar kekanan) maka ujung sekrup akan semakin mendorong katup gas dan akibatnya katup gas membuka.

Sementara pada sekrup penyetel udara, bekerja dengan menutup saluran idle. Ketika kita kencangkan sekrup ini (diputar kekanan) akibatnya saluran idle menjadi semakin tertutup dan udara yang mengalir itu menjadi lebih sedikit.

Alat yang anda butuhkan hanyalah sebuah obeng (-) untuk memutar dua sekrup pada karburator.

Lantas bagaimana cara menyetel karburator pada motor ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

1. Hidupkan mesin

Langkah pertama, hidupkan mesin motor anda. Ini dilakukan karena penyetelan karburator harus dilakukan saat karburator itu bekerja. Sementara untuk membuat karburator bekerja kita perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu.
Ada dua buah sekrup karburator, yakni sekrup penyetel udara dan sekrup penyetel gas. Penyetel gas terletak lurus dengan venturi atau kawat gas, sementara pentetel angin bisa terletak didepan atau dibelakang sekrup penyetel gas.

Cara kerja sekrup pengatur gas adalah dengan mendorong venturi yang permukaannya miring. sehingga kalau sekrup ini dikencangkan (diputar kekanan) maka ujung sekrup akan semakin mendorong katup gas dan akibatnya katup gas membuka.

Sementara pada sekrup penyetel udara, bekerja dengan menutup saluran idle. Ketika kita kencangkan sekrup ini (diputar kekanan) akibatnya saluran idle menjadi semakin tertutup dan udara yang mengalir itu menjadi lebih sedikit.

Alat yang anda butuhkan hanyalah sebuah obeng (-) untuk memutar dua sekrup pada karburator.

Lantas bagaimana cara menyetel karburator pada motor ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

1. Hidupkan mesin

Langkah pertama, hidupkan mesin motor anda. Ini dilakukan karena penyetelan karburator harus dilakukan saat karburator itu bekerja. Sementara untuk membuat karburator bekerja kita perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu.
Ada dua buah sekrup karburator, yakni sekrup penyetel udara dan sekrup penyetel gas. Penyetel gas terletak lurus dengan venturi atau kawat gas, sementara pentetel angin bisa terletak didepan atau dibelakang sekrup penyetel gas.

Cara kerja sekrup pengatur gas adalah dengan mendorong venturi yang permukaannya miring. sehingga kalau sekrup ini dikencangkan (diputar kekanan) maka ujung sekrup akan semakin mendorong katup gas dan akibatnya katup gas membuka.

Sementara pada sekrup penyetel udara, bekerja dengan menutup saluran idle. Ketika kita kencangkan sekrup ini (diputar kekanan) akibatnya saluran idle menjadi semakin tertutup dan udara yang mengalir itu menjadi lebih sedikit.

Alat yang anda butuhkan hanyalah sebuah obeng (-) untuk memutar dua sekrup pada karburator.

Lantas bagaimana cara menyetel karburator pada motor ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

1. Hidupkan mesin

Langkah pertama, hidupkan mesin motor anda. Ini dilakukan karena penyetelan karburator harus dilakukan saat karburator itu bekerja. Sementara untuk membuat karburator bekerja kita perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu.
Ada dua buah sekrup karburator, yakni sekrup penyetel udara dan sekrup penyetel gas. Penyetel gas terletak lurus dengan venturi atau kawat gas, sementara pentetel angin bisa terletak didepan atau dibelakang sekrup penyetel gas.

Cara kerja sekrup pengatur gas adalah dengan mendorong venturi yang permukaannya miring. sehingga kalau sekrup ini dikencangkan (diputar kekanan) maka ujung sekrup akan semakin mendorong katup gas dan akibatnya katup gas membuka.

Sementara pada sekrup penyetel udara, bekerja dengan menutup saluran idle. Ketika kita kencangkan sekrup ini (diputar kekanan) akibatnya saluran idle menjadi semakin tertutup dan udara yang mengalir itu menjadi lebih sedikit.

Alat yang anda butuhkan hanyalah sebuah obeng (-) untuk memutar dua sekrup pada karburator.

Lantas bagaimana cara menyetel karburator pada motor ? simak ulasan lengkapnya dibawah.

1. Hidupkan mesin

Langkah pertama, hidupkan mesin motor anda. Ini dilakukan karena penyetelan karburator harus dilakukan saat karburator itu bekerja. Sementara untuk membuat karburator bekerja kita perlu menghidupkan mesin terlebih dahulu   

2. Putar Sekrup penyetel gas kearah kanan
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar